Laporan Backlink

Belajar SEO (Panduan Langkah-langkah Mempelajari SEO Secara Otodidak)

Posted on

Belajar SEO (Panduan Langkah-langkah Mempelajari SEO Secara Otodidak) – Anda seorang pemula yang ingin belajar SEO? bila benar maka ikuti sejumlah panduan berupa langkah-langkah tepat saat mempelajari SEO dengan menggunakan teknik SEO terbaru di tahun 2018 ini. Artikel ini bisa membantu anda dalam memahami tujuan SEO dan bagaimana cara mencapai tujuan itu sendiri. Di buat dengan mengguanakan metoda yang sangat sederhana dan mudah dipahami oleh para pemula sekalipun. Nah! marilah kita mulai saja langkah-langkah secara step by step mempelajari SEO teknik terbaru berdasarkan penelitian yang sudah dijalankan.

Sebelum belajar tentang SEO, khusus teknik-teknik SEO ada hal yang ingin saya tekankan disini yaitu bahwasanya teknik SEO selalu berubah (dinamis). Oleh karena itu pelajaran yang harus anda terima pun harus sesuai dengan algorithm Google yang sedang berjalan saat ini. Teknik SEO era algorithm sebelumnya bila anda pergunakan saat ini belum tentu bisa menaikan posisi web anda.

SEO

Manfaat SEO
Manfaat SEO

SEO tidak lain dan tidak bukan adalah singkatan dari bahasa Inggris yang yaitu Search Engine Optimization. Secara pengetahuan SEO itu adalah ilmu yang mempelajari bagaimana agar sebuah website bisa mencapai halaman pertama search engine menggunakan kata kunci yang diinginkan secara gratis (tidak perlu membayar biaya memasang iklan dari penyedia search engine).

Tujuan SEO

Adapun tujuan dari SEO itu sendiri adalah untuk meningkatkan jumlah kunjungan kedalam website yang sudah dioptimasikan kedalam search engine sehingga peluang untuk mendapatkan keuntungan dari jumlah pengunjung semakin besar. Dengan begitu maka sangat wajar bila saya katakan bahwa SEO adalah pintu pertama anda masuk kedalam kesuksesan dalam berpromosi secara online. Semakin banyak pengunjung maka peluang mendapatkan keuntungan akan semakin besar! demikian pengertian dari apa yang disebut dengan SEO serta tujuan dari SEO.

Tujuan SEO Untuk Penjualan Online
Tujuan SEO Untuk Penjualan Online

Untuk dapat melakukan itu (mengoptimasikan website agar bisa berposisi dihalaman pertama Google) maka ada sejumlah materi pelajaran yang harus dipelajari disamping kesabaran dan ketekunan dalam menjalankannya. Nah sebelum anda belajar SEO lebih dalam maka inilah daftar langkah-langkah atau tahapan dalam belajar SEO yang harus anda kerjakan yaitu memperhatikan dengan cermat konsep dasar belajar SEO melalui masukan dan arahan dari pakar SEO di Indonesia yang umumnya juga merupakan seorang konsultan internet marketing, apa saja yaitu:

  1. Kesabaran
  2. Fokus
  3. Tekun
  4. Praktek (terus mencoba)

Sabar adalah pelajaran pertama yang harus anda terapkan saat hendak belajar SEO, tanpa kesabaran saat belajar atau saat mengoptimasikan website maka semua hal yang sudah anda pelajari dan kerjakan akan sia-sisa saja. search engine optimization adalah ilmu yang membutuhkan kesabaran tingkat tinggi yang mana pada dasarnya tidak ada cara mudah untuk belajar selama anda tidak memahami esensial dari SEO itu sendiri. Anda bisa memulainya dengan: belajar ngeblog, belajar wordpress dengan memperhatikan sisi bisnis sehingga apabila anda sudah mahir dalam hal SEO nantinya anda bisa menjadi master SEO di Indonesia.

Belajar SEO bisa dengan secara otodidak ataupun ikut kursus SEO dan kursus website disamping belajar internet marketing. Mau belajar dengan ulet dan tekun akan membukakan pintu kesuksesan yang rasanya sangat manis didepan sana. Beragam peluang usah yang telah anda temukan bisa dengan mudah bisa anda raih setelah mempelajari SEO secara benar. Pelajaran atau langkah pertama sebelum belajar SEO itu adalah dengan mempelajari bagaimana cara membuat website untuk bisnis online.

Membuat website pun harus sesuai dengan syarat yang ditentukan oleh Google. Adalah bohong besar bila ada panduan cara mendapatkan ranking 1 tanpa belajar walaupun yang mengatakan itu seirang master ahli SEO.

Kemudian pelajari juga cara membuat blog, anda bisa melihat bagaimana seorang pakar SEO dalam membuat blog dan belajar blog entah itu menggunakan blogger atau WordPress atau platform blog lainnya. Anda bisa lihat video tentang cara bikin blog, belajar digital marketing, belajar seo untuk pemula di Youtube. Bila anda menggunakan layanan jasa SEO maka anda harus membayar harga jasa SEO yang tidak murah oleh karena itu dengan mempelajari SEO secara otodidak dengan memperhatikan materi dari search engine akan bisa memberikan keuntungan yang lebih tinggi.

Kelebihan daripada belajar SEO ini adalah anda bisa menjalankan bisnis sampingan atau malah bisa membuka kursus SEO dan digital marketing apabila nanti sudah handal dalam menguasai teknik SEO. Malah yang sekarang sudah menjadi konsultan SEO awalnya pun ia hanya mencari panduan tutorial SEO di internet.

Panduan Langkah-langkah Mempelajari SEO Secara Otodidak

Bila anda sudah putuskan untuk lanjut belajar SEO secara otodidak maka ada point-point penting yang harus anda pelajari seperti materi pelajaran dibawah ini:

Mempelajari Konsep Dasar Web

Belajar SEO WordPress
Belajar SEO WordPress

Web merupakan media atau sarana bagi yang ingin berjualan online, terlepas itu dari milik sendiri atau menumpang pada web yang sudah semacam tokopedia, bukalapak, Facebook dan semacamnya. Dengan memiliki web sendiri tanpa menumpang itu berarti anda harus siap untuk mengelolanya sehingga web bisa selalu dapat dikunjungi oleh pengunjung. Sedangkan web memiliki konsep yang tidak sama contohnya adalah:

  1. WordPress: platform CMS yang memiliki banyak fungsi seperti untuk membuat blog, web company profile, forum bahkan toko online. WordPress banyak dipakai pebisnis online saat ini.
  2. Joomla!: CMS ini pun sama seperti WordPress dari sisi fungsi tapi dari konsep terdapat perbedaan sedikit.
  3. Prestashop: CMS ini masuk kedalam kategori sebagai web untuk toko online dan masih ada CMS semacamnya seperti: Magento, Occomerce dst
  4. PHPBB: banyak dipakai untuk membuat forum, platform yang serupa dengannya misalnya Vbulletin

Anda harus tahu dulu dengan detail apa konsep dasar web yang akan anda optimasikan baru setelah itu mulai membangun web yang mendukung proses pengoptimasian dengan cara SEO.

Membuat Web

Themes WordPress SEO
Themes WordPress SEO

Belajar web bisa juga dapat anda lakukan dengan cara ikut kursus web, menonton video tutorial di youtube, membeli buku atau membaca artikel-artikel tentang cara-cara membuat web karena membuat web adalah ibarat anda membuat toko offline sendiri semakin bagus dan menarik maka pengunjung/pembeli akan senang berkunjung. Dan hal penting yang harus anda pelajari saat membuat web adalah:

  1. Tampilan web harus menggambarkan profesionalisme anda sebagai penjual bila anda menjual produk melalui web atau tampilan web setidaknya harus rapih baik dari sisi penggunaan gambar, font, layout web dst
  2. Buat web anda mudah digunakan oleh pengunjung, bisa juga dengan cara meminta orang lain yang tidak memiliki pengetahuan banyak tentang cara menggunakan web apakah mengalami kesulitan pada saat mengunjungi web anda
  3. Buat web yang loadingnya secepat mungkin, bisa juga dengan membandingkan waktu loading antara web anda dengan web miliki kompetitor

Point Penting di Dalam Web

Penampilan web akan sangat mempengaruhi pengunjung untuk menentukan langkah selanjutnya apakah akan keluar dari web anda dan mencari web lainnya atau melanjutkannya dengan memulai interaksi dengan anda sebagai penjual.

Plugin SEO WordPress
Plugin SEO WordPress

Pastikan terdapat nomor kontak yang bisa terlihat dengan mudah tapi dalam posisi yang elegant (kadang banyak orang memasang nomor telpon secara berlebihan yang bisa mengurangi sisi penilaian profesionalitas).

Pilih warna yang serasi, tidak terlalu tajam, tidak terlau gelap, tidak terlalu buram, termasuk juga pilihan ukuran dan jenis font. Sangat disarankan untuk menggunakan ukuran font antara 13 – 16 pixels.

Dalam kontek belajar SEO anda harus bisa memilih salahsatu CMS yang sangat mendukung SEO misalnya: WordPress dan Joomla!. Dua CMS ini yang paling banyak dipergunakan karena alasan: SEO friendly, mudah dipelajari dan dipergunakan sedangkan pilihan lainnya bisa Drupal dan Prestashop.

Mempelajari Pemilihan Keyword

 

Keyword Tools Long Tail Keywords
Keyword Tools Long Tail Keywords

Ada beberapa tools yang bisa dipergunakan pada saat fase pemilihan keyword yang bisa anda pergunakan. Tapi sebelum itu ada hal-hal penting yang harus anda pelajari pada fase pelajaran ini yakni:

  1. Search term
  2. Keyword relate
  3. Negative keyword
  4. Keyword localize
  5. Longtail keyword
  6. Estimasi jumlah penelusuran dalam sebulan
  7. Tingkat persaingan

Search Term Keyword

riset keyword
riset keyword

Search term artinya adalah keyword dasar dari produk anda, misal produk anda berupa produk timbangan digital, maka search term dari keyword tersebut bisa: timbangan dan atau timbangan digital. Contoh lain Search term pada keyword: obat wasir, pengobatan wasir adalah kata “wasir” sebagai pokok keyword.

Keyword Related

Artinya keyword yang berhubungan dengan produk, keyword related ini bisa berkaitan erat dengan produk atau berkaitan dengan search term itu sendiri. Keyword yang termasuk berkaitan erat dengan produk timbangan digital misalnya: timbagan lantai digital, timbangan gantung digital, timbangan duduk digital sedangkan yang tidak termasuk dalam keyword yang tidak related secara langsung misalnya: service timbangan, kalibrasi timbangan dst. Ini disebut juga dengan sebutan mengoptimasikan website menggunakan internal link.

Negative Keyword

Negative Keyword ini berarti keyword yang terdeteksi sebagai keyword yang tidak terelasi atau keyword yang kurang komersil atau keyword yang tidak bisa memberikan keuntungan secara penjualan. Sebagai catatan ternyata negative keyword ini kadang justru dipergunakan para internet marketing untuk mensiasati persaingan. Baca artikel tentang negative keyword yang sudah saya tuliskan.

Keyword Localize

Ini artinya adalah keyword yang berhubungan dengan nama daerah, bisa nama provinsi, bisa nama kota, misal: timbangan digital bandung, timbangan digital majalengka dst.

Longtail Keyword

Dalam dunia SEO kita mengenal istilah long tail keyword, apa itu long tail keyword? setiap SEO master memiliki pengertian yang tidak sama bila kita tanyakan tentang long tail keyword ini. Ada yang mengatakan long tail keyword itu setidaknya harus terdiri dari 4 kata misal: jasa SEO terbaik Indonesia tapi ada juga yang mengatakan 2 atau 3 kata sudah termasuk long tail keyword.

Keuntungan menggunakan long tail keyword ini adalah untuk membidik beberapa keyword sekaligus disamping long tail keyword itu sendiri. Misal untuk term jasa SEO terbaik Indonesia maka setidaknya ada beberapa varian keywors yang sudah termasuk kedalamnya misalnya:

  1. jasa SEO terbaik Indonesia
  2. jasa SEO
  3. jasa SEO terbaik
  4. jasa SEO Indonesia
  5. SEO terbaik Indonesia
  6. dst

Estimasi Jumlah Penelusuran

Ini adalah sebuah data yang diberikan oleh search engine. Adapun tentang angka yang ditampilkan itu hanyalah estimasi atau perkiraan berdasarkan data yang dimiliki oleh penyedia search engine.

Tingkat Persaingan (Competition)

Adalah data yang berasal dari perhitungan search engine baik melalui jumlah penayang iklan maupun data dari hasil search query. Kalau anda mengguankan Google Keyword Planner maka data yang akan ditampilkan untuk menandakan tingkat persaingan ini adalah, low, medium dan high.

Keywords Tools

Untuk mendapatkan data itu semua anda harus menggunakan tools yaitu misalnya: semrush untuk versi gratisan atau gunakan semrush untuk versi berbayar. Saran dari saya gunakan Google keyword planner saja sudah cukup bagi anda yang belaku sebagai penjual produk tapi bagi anda yang ingin bermain Google adsense dan membidik bahasa selain bahasa Indonesia akan lebih bagus bila menggunakan semrush.

Terdapat pelatihan khusus yang berhubungan dengan ini yaitu dengan mengikuti pelatihan internet marketing yang diberikan oleh lembaga kursus SEO terbaik yang ada. Tapi sebelum ikut kursus ini anda harus pastikan materi pelajaran kursus yang diberikan olehnya mencakup seluruh materi yang berhubungan dengan SEO, teknik SEO yang dipergunakan apakah masih sejalan dengan algorithm yang sedang berjalan saat ini.

Yang patut untuk anda perhatikan adalah jangan bernafsu untuk memilih keyword yang memiliki pencarian yang tertinggi bila pada kenyataannya kemampuan dan keahlian SEO anda masih sangat minim. Pilih keyword yang sedang-sedang saja atau dengan kriteria medium sebab semakin populer sebuah keyword pastinya memiliki persaingan yang sangat tinggi juga. Dan untuk mengoptimasikan web dengan keyword yang tinggi membutuhkan waktu yang lama, kesabaran yang besar, source yang besar pula. Belum lagi kalau optimasi yang anda lakukan gagal maka sudah dapat terbayang berapa kerugian waktu, uang, pikiran dan tenaga yang sudah anda keluarkan?

Pelajari Branding (Domain)

Para ahli internet marketing sangat merekomendasikan anda untuk menggunakan brand (merek/nama usaha) sebagai nama domain yang akan anda pilih dibanding menggunakan EMD (exact match domain) alias domain yang mengandung unsur keyword. Misal saya lebih memilih menggunakan nama domain triharda.web.id dibanding jasaseo.com, jasaseoterbaik.com dst, mengapa demikian? karena:

  1. Penggunaan EMD sudah tidak efektif lagi untuk menaikan posisi web.
  2. Pemilihan nama domain yang “umum” yang bisa dipergunakan orang lain dengan ekstensi domain lain bisa membuat user menjadi bingung dan cendrung bisa menyebabkan salah eja atau salah ketik.
  3. Brand atau merek anda akan menjadi lebih dikenal luas dan mendapatkan banyak sekali keuntungan apabila berhasil nanti.

Macam-macam Domain

Domain terdiri dari beberapa kategori tapi umumnya domain terbagi kedalam dua yakni: generic domain dan country domain. Domain .com, .net, .org adalah yang termasuk kedalam generic domain sedangkan domain dengan ekstensi .web.id, .id, .uk, .de, .pl dst adalah country domain atau domain yang berafiliasi kepada negara tertentu. Sangat disarankan agar anda menggunakan generic domain bila ingin memasarkan produk secara global dan menggunakan country domain kalau mau memasarkan produk dilingkup negara atau region tertentu.

Untuk pemilihan ekstension untuk nama domain seperti domain .com, .net dst tidak ada sangkut pautnya dengan SEO, artinya, ekstension apapun bisa untuk di SEO kan hanya kecendrungan orang saja memilih nama domain .com yang lebih bagus.

Aged Domain

Dalam kontek SEO kita sering mendengar istilah aged domain, apa itu aged domain? aged domain adalah domain yang sudah berumur lebih dari 2 tahun lebih. Apakah aged domain itu bagus untuk SEO? jawabnya belum tentu. Aged domain banyak di jual di situs-situs domain auction seperti Sedo, Godaddy dst. Tidak sedikit dari penawaran aged domain tersebut ditambahi dengan data-data DA/PA, TF/CF dst. Apakah perlu membeli dan menggunakan aged domain? jawabnya tergantung kebutuhan anda! karena banyak faktor yang bisa mengarahkan anda untuk membeli aged domain dan ada faktor lain yang memprepentive anda untuk tidak membeli aged domain. Perlu pemikiran lebih serius untuk dapat menentukannya.

High Trust Domain

Kemudian ada pula .edu dan .gov domain, apa itu .edu dan .gov? .edu adalah domain yang berafiliasi dengan education (pendidikan) sedangkan .gov (government) adalah domain yang berhubungan dengan pemerintahan. Di dunia SEO Kedua domain ini mendapatkan treat khusus dari Google terutama dari sisi trust karena Google menilai isi web yang berasal dari kedua domain tersebut pastinya bernilai tinggi dan sangat bermanfaat untuk masyarakat luas.

Localize Domain

Lalu ada lagi nama domain yang berafiliasi dengan region tertentu yang umumnya dikombinasikan dengan keyword misal: jasaseojakarta.com, jasapembuatanwebdepok.com, jasabacklinkbali.com dst. Pertanyaan!!! apakah penggunaan ini masih efektif? saya mengatakan tidak efektif atau biasa-biasa saja alias tidak powefull banget! karena tidak ada jaminan domain mengandung keyword+region bisa menaikan posisi web di era algorithm sekarang.

EMD

EMD adalah Exact Match Domain atau lebih sederhana lagi pengertian EMD ini adalah domain yang mengandung unsur keyword misal: jasaseo.com, pulautidung.com, timbangandigital.co.id dst. Kalau anda belajar SEO di tahun 2010 dan mendapatkan pelajaran bahwa EMD ini sangat powerfull sekali hal itu sudah tidak berlaku lagi di era algorithm Google 2018 ini bahkan sudah tidak berlaku sejak 3 tahun lalu. Kalau masih ada yang menggunakan EMD itu hanyalah untuk keperluan memudahkan dan pensiasatan saja karena nama domain sudah berisi keyword jadi ketika si SEO master membuat inboundlink cukup dengan memasukan nama domain saja.

Domain Dengan DA/PA atau CF/TF Tinggi

Kemudian ada lagi istilah domain dengan rating tinggi, alat ukur untuk mengukur rating yang sering dipergunakan oleh SEO master adalah DA= domain authority, PA= page authority yang kembangkan oleh Moz.com atau CF/TF Citation/Trust flow yang dikembangkan oleh MajesticSEO.com. Selain itu ada juga YandexRank, AhrefsRanks, AlexaRanks dst.

Sebelum alat ukur yang saya sebutkan diatas banyak dipergunakan para SEO master ada Google PageRank tapi sejak beberapa tahun lalu Google sudah meniadakan Google PageRank.

Pertanyaanya adalah apakah benar domain yang memiliki nilai metrik tersebut bagus untuk SEO? jawabannya tidak selalu benar sebab sangat mudah sekali untuk menaikan DA/Pa atau CF/TF karena algorithm yang dipakai keduanya menggunakan perhitungan kuantitas backlink yang didapatkan. Ingat! saat ini sistem perangkingan Google bukan ditentukan oleh seberapa banyak web mendapatkan backlink tapi dari kualitas konten yang terdapat didalam web itu sendiri.

Belajar Tentang Web Hosting

Web hosting adalah tempat kita menyimpan dan menjalankan file-file yang berhubungan dengan web. Web hosting itu berbentuk komputer yang selain bertindak sebagai tempat penyimpanan tapi juga bertindak sebagai server yang melayani query/permintaan dari penggunanya.

Web modern seperti saat ini pasti menggunakan database untuk menyimpan data oleh karena itu pada saat anda memilih web hosting sebaiknya pilih web hosting yang menyediakan fitur yang lengkap. Untuk saat ini web hosting yang menggunakan control panel lebih diutamakan.

Setiap web hosting pasti menggunakan OS (operating system), dan yang paling banyak digunakan saat ini adalah OS linux dan Windows. Anda harus bisa menentukan web hosting dengan OS apa yang cocok dengan web yang akan anda gunakan. Saran dari saya membeli hosting dengan OS Linux sudah cukup untuk menjalankan aplikasi/web WordPress, Joomla!, Prestashop.

Belajar web hosting dengan tujuan yang berkaitan dengan SEO pada dasarnya tidak harus mempelajari semuanya sebab akan banyak waktu yang akan anda habiskan cukup dengan belajar hal-hal penting saja yang berkaitan dengan materi pembelajaran SEO seperti misalnya: menginstall web, mengelola database, email account, sub domain, add on domain dan proses membackup web melalui web hosting.

Macam Tipe Web Hosting

Web hosting terbagi kedalam beberapa macam yaitu: shared hosting, VPS hosting dan dedicated hosting. Mana yang bagus dari ketiga macam web hosting itu tergantung dari keperluan anda tentunya. Bila anda menjalankan aplikasi yang tidak membutuhkan source yang besar dan dengan jumlah pengunjung web yang tidak banyak cukup menggunakan shared hosting tapi kalau dalam perkembangannya kebutuhan anda makin banyak dan begitu juga dengan pengunjung maka solusinya adalah dengan menggunakan VPS dan setelah itu dedicated server.

Shared Hosting

Shared hosting adalah komputer/server yang dipergunakan secara bersama-sama baik itu penggunaan fisik komputer dan juga sumberdaya-nya. Didalam sebuah shared hosting bisa terdapat puluhan bahkan ratusan akun hosting lainnya. Oleh karena penggunaan source/sumberdaya dari shared hosting ini sangat terbatas.

VPS Hosting

VPS adalah virtual private server yang artinya sebuah komputer yang diberikan source khusus hanya untuk akun yang terhubung dengannya. Spesifikasi VPS ini umumnya sama seperti sepesifikasi komputer yakni memiliki ram dan prosesor walau pada kenyataannya VPS pun masih terdapat didalam komputer server yang mana masih terdapat akun-akun VPS lainnya (di shared juga).

Keuntungan dari menggunakan VPS ini adalah anda diberikan source yang lebih besar dibandingkan dengan shared hosting dan anda diberikan kebebasan untuk mengkonsumsi source yang sudah disediakan. Kekurangan dari VPS ini adalah anda harus bisa mengelola VPS sendiri (kalau mau murah karena tanpa ada biaya manage) dan harga VPS pun pastinya jauh lebih mahal dibandingkan dengan biaya shared hosting. Salah satu provider VPS cloud yang populer adalah DigitalOcean dan Vultr baca perbandingannya disni.

Dedicated Hosting

Dedicated server adalah komputer server yang hanya anda sendiri yang menggunakannya. Ibarat anda menyewa komputer yang kemudian komputer tersebut anda letakan disebuah data center dan beroperasi 24 jam nonstop. Puas rasanya kalau menggunakan dedicated server karena seluruh source benar-benar tidak terbatas atau sesuai dengan spesifikasi server yang anda beli.

Tipe Hosting Untuk SEO

Dalam kontek SEO Ada beberapa kriteria yang harus anda ketahui yang berhubungan dengan web hosting ini yaitu:

  1. Pilih web hosting dengan spesifikasi yang besar seperti pada: ram dan diskspace. Untuk diskspace tidak perlu beli yang unlimited sebab disk hanya untuk tempat penyimpanan saja sedangkan ram berhubungan dengan performa web anda. Semakin besar ram yang diberikan oleh web hosting akan semakin bagus tapi akan semakin bagus lagi bila anda mendapatkan source yang besar pula seperti penggunaan prosesor, bandwidth, data proses dst.
  2. Sangat disarankan untuk menggunakan server yang lokasinya tidak terlalu jauh dengan target pemasaran web. Untuk Indonesia anda bisa membeli server yang datacenter nya berada di Indonesia, Singapura atau Jepang.
  3. Beli pada perusahaan hosting yang resmi saja seperti niagahoster, rumahweb, jogjahost dst mengapa begitu? karena mereka memiliki sistem management yang sangat baik dibandingkan anda membeli hosting pada perorangan.
cPanel Hosting
dashboard cpanel
dashboard cpanel

Didalam tutorial ini saya akan membahas tentang dasar-dasar penggunaan cPanel saja yaitu:

cPanel adalah salah satu OS (operating system atau lebih tepatnya bisa kita sebut sebagai framework) yang paling banyak di pergunakan oleh webmaster di seluruh dunia. cPanel di install pada web server yang menggunakan sistem operasi (OS) berbasis Linux seperti CentOs versi 6 atau 7 baik itu 32 bit maupun 64 bit. Untuk menginstall cPanel kedalam web server dapat melalui SSH caranya dengan menggunakan tools SSH semacam putty. (informasi lengkap tentang panduan cara install cPanel dapat anda baca pada artikel saya selanjutnya).

Yang harus anda pelajari tentang cPanel itu (karena fungsinya terhadap aktivitas web) adalah:

  1. Menginstall web
  2. MySQL Database
  3. Filemanager
  4. Mengelola akun email
Menginstall Web

Masa sekarang ini sangatlah mudah untuk menginstall web di cPanel yaitu dengan menggunakan aplikasi yang pada umumnya sudah disediakan (terutama di shared hosting sedangkan untuk VPS dan Dedicated server anda harus install sendiri/manual terkecuali bila anda berlangganan aplikasi web installer). Aplikasinya bernama Fantastico atau softaculous. Dengan kedua aplikasi tersebut dengan hanya 1x klik web anda akan terinstall secara otomatis.

Untuk menggunakannya (dishared hosting): login kedalam cpanel misal: https://ipaddress:2087/ lalu masukan username dan password lanjutkan dengan menuju pada group “software” lalu pilih web installer yang ada misal: fantastico atau softaculous (pada tutorial ini menggunakan softaculous).

softaculous

Kemudian:

install wordpress

Anda bisa langsung klik logo WordPress bila sudah ada didalam installer atau gunakan fitur search yang sudah disediakan kemudian klik WordPress.

konfigurasi installer

 

Items Fungsi Value (Isi dengan)
Choose Protocol untuk memilih protocol url anda apakah https atau http menggunakan www atau tidak menggunakan www dalam kontek SEO semuanya baik tinggal anda sesuaikan dengan selera http://www.
Choose Domain pilih domain atau sub domain yang sudah dibuat sebelumnya untuk di install pilih yang sesuai
In directory untuk menginstrukan installer menginstall web pada directory tertentu bila anda menginstallnya pada main domain cukup kosongkan saja terkecuali bila mau menginstallnya pada directory tertentu seperti contoh misalnya didalam directory wp maka hasil intall web anda akan berada didalam directory tersebut yaitu http://www.domainanda.com/wp/ pilih yang sesuai
Site Name menamakan web anda isi dengan brand atau isi keyword utama pada halaman utama misal: jasa pembuatan website Triharda
Site Description menamakan deskripsi web isi dengan tag line misal: memberikan jasa pembuatan website dengan harga yang termurah
Enable Multisite (WPMU) untuk membuat dan menjadikan web anda multi web contohnya blogspot dan wordpress.com jangan di tick kalau tidak perlu
Admin username data login admin masukan sesuka anda
Admin Password password untuk login masukan password
Admin Email untuk data email administrator masukan email anda yang aktif karena bila anda lupa password anda bisa menggunakan email ini pada saat mengisi forget password
Select Language pemilihan bahasa pilih yang paling sesuai
Select Plugin(s) menginstall plugin tambahan bila belum tahu apa fungsinya sebaiknya jangan dipilih
Database Name menamakan database isi dengan selera anda tapi jangan lebih dari 5 karakter tanpa spasi
Table Prefix berhubungan dengan keamanan agar anda membuat table prefix yang unik isi dengan selera anda tidak lebih dari 5 karakter termasu _
Disable Update Notifications Emails mematikan fungsi kirim email kalau ada update sebaiknya dipilih
Auto Upgrade Wordpress akan melakukan auto upgrade versi sebaiknya jangan dipilih untuk mengurangi resiko error terhadap script yang tidak kompatibel dengan konfigurasi web server
Auto Upgrade WordPress Plugins Wordpress akan melakukan auto upgrade versi plugin sebaiknya jangan dipilih untuk mengurangi resiko error terhadap script yang tidak kompatibel dengan konfigurasi web server
Auto Upgrade WordPress Themes Wordpress akan melakukan auto upgrade versi themes sebaiknya jangan dipilih untuk mengurangi resiko error terhadap script yang tidak kompatibel dengan konfigurasi web server
Backup Location memilih lokasi backup biarkan default
Automated backups rentang waktu menjalankan backup WordPress anda pilih yang sesuai dengan kapasitas penyimpanan file pada web hosting yang anda beli
Backup Rotation jumlah backup kalau anda aktifkan automated backups silahkan pilih lebih dari 2 untuk antisipasi
Select Theme memilih themes silahkan cari dan pilih atau biarkan saja karena wordpess akan menggunakan themes default

Setelah WordPress anda berhasil di install maka sekarang giliran anda untuk mengedit setingan default WordPress. Adapun tutorialnya akan saya buatkan dilain kesempatan.

Optimasi SEO On Page

Untuk belajar bagaimana mengoptimasikan SEO secara on page serta pengertian SEO on page sudah saya tuliskan didalam artikel terdahulu silahkan anda baca disini.

Optimasi SEO Off Page

Dan sebagian materi pelajaran belaja optimasi SEO secara off page juga sudah saya tuliskan disini maka luangkan waktu untuk membacanya agar proses belajar SEO anda menjadi lebih lengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.