Cara Membedakan Visitor Blog Anda Real Human Atau Robot (Bot)

Kita harus bisa membedakan siapa pengunjung blog kita, apakah real human (manusia/user) atau robot (spider). Bagaimana cara membedakan dengan pasti visitor blog kita benar-benar di kunjungi oleh manusia? dan bagaimana juga cara membedakan pengunjung blog kita itu robot? nah! dalam artikel panduan SEO ini akan coba saya terangkan dengan singkat saja agar anda bisa membedakan ini real human dan ini robot.

Kenapa kita harus tahu visitor kita dikunjungi oleh siapa? jawabnya adalah agar apa yang sudah kita kreasikan didalam blog menjadi lebih bermanfaat untuk orang lain dan bisa memberikan keuntungan buat anda selaku pemiliki blog.

Membedakan Blog Visitor

Prinsip perbedaan antara kedua visitor blog ini ada pada tujuannya yaitu:

Visitor Robot

Saya sudah jelaskan masalah visitor robot ini pada artikel saya yang lalu yaitu menggunakan aplikasi seo untuk meningkatkan traffic pengunjung web caranya tentu dengan mengirimlan bot-bot (fake visitor/pengunjung palsu) kedalam blog kita yang tujuannya adalah untuk meningkatkan AlexaRank.

Visitor robot adalah script yang sengaja dibuat:

  1. Menyerupai real human
  2. Berbasis browser
  3. Penggunaannya bisa di kondisikan

Visitor Yang Menyerupai Real Human

Teknik atau cara yang di pakai adalah dengan cara memperbanyak pengunjung blog dengan software yang di kondisikan sedemikan rupa sehingga:

  1. Memiliki useragent yang umumnya dipergunakan oleh manusia
  2. Random klik
  3. Memilih referer

Teknologi Berbasis Browser

Kalau anda pernah mendengar iMacros atau Ubot Studio, kedua software itulah yang paling sering dipergunakan para internet marketing di seluruh dunia untuk membuat automation script. Dan tentu saja membuat script atau software yang difungsikan untuk memanipulasi data visitor blog adalah perkara yang sangat mudah.

Anda harus belajar cara menampilkan jumlah pengunjung blog agar bisa melihat mana real human dan mana yang fake human alias bot. Aplikasi berbasis browser ini memang sangat sulit terdeteksi sebagai bot karena proses mereka mengunjungi blog kita menggunakan data visitor layaknya manusia seperti:

  1. Unmask OS (operating system) komputer yang kita pergunakan misalnya: Win 7, Win 10 dst atau mobile operating system seperti IoS, Android dst
  2. Nama browser (peramban) kita, misal: Firefox, Safari, Android brwoser, Blackberry browser dst
  3. IP address

Custom Visitor

Contoh:

  1. Melalui situs referer tertentu
  2. Random klik
  3. Lama berkunjung ke blog kita
  4. Clear all cache dan mengganti IP address sehingga ketika dikondisikan looping maka seluruh cache dan cookies sudah terhapus sekaligus IP address sudah terganti

Cara seperti ini memang cocok buat anda yang ingin meningkatkan pengunjung blog dengan cepat walau pada kenyataannya itu hanyalah semu saja. Nama-nama aplikasi yang banyak dipakai untuk meningkatkan traffic blog pun sangat mudah untuk anda temukan seperti misalnya Jingling.

Bagaimana cara melihat dan mendeteksi visitor blog anda itu robot adalah dengan memasang tracking site visitor yang bagus yang bisa membedakan mana visitor manusia dan mana visitor bot. Kalau anda menggunakan WordPress solusi yang paling sering dipergunakan adalah dengan menginstall plugin yang bernama Wordfence.

Lihat gambar (untuk mengunjunginya klik Wordfence-> tools-> Live Traffics:

cara melihat pengunjung web robot apa manusia

cara melihat pengunjung web robot apa manusia

Untuk memblokir “bot” yang tidak di inginkan seperti misal anda melihat ada data seperti gambar dibawah ini:

bot mencoba login ke wordpress

bot mencoba login ke wordpress

Anda bisa langsung memblokir IP address-nya langsung melalui konfigurasi yang terdapat didalam setingan Wordfence plugin (lihat gambar):

Cara memblokir bot yang mengunjungi halaman login wordpress

Cara memblokir bot yang mengunjungi halaman login wordpress

Bot tersebut termasuk bot attacker yang mencoba mencari celah kedalam website kita dan ini bot yang berbeda dengan bot yang penah saya sampaikan didalam artikel ini.

Visitor Human

Akan lebih membanggakan bila blog kita dipenuhi dengan visitor human (manusa beneran). Efeknya tentu saja akan baik bila itu terjadi. Kalau mau melihat apakah visitor blog anda manusia caranya juga sama seperti cara diatas tapi anda harus tentukan dahulu pada traffic option menjadi humans.

Yang membedakannya antara robot dan human adalah pada data yang valid:

contoh visitor blog manusia

contoh visitor blog manusia

Yang membedakan secara drastis adalah pada IP address yang di pergunakan dimana pengguna robot cendrung menggunakan IP yang berasal dari negara-negara yang tidak sesuai dengan target pemasaran kita.

Untuk membatasi para “attacker” ini adalah dengan memblock IP address yang tidak inginkan. Yang paling banyak dipakai adalah dengan menggunakan plugin IP Geo Block. Tapi anda harus berhati-hati jangan sampai anda memblokir IP address yang dipergunakan oleh Googlebot.

Googlebot Spider

Googlebot Spider

Author: 

    Related Posts