Manfaat dan Teknik Optimisasi SEO On Page Membangun Internal Link Building

Tujuan daripada teknik SEO untuk optimisasi SEO on page dengan menggunakan internal link building ini adalah untuk meningkatkan jumlah pageview, memperbaiki bouncerate, memperkecil alexa rank, meningkatkan user signals serta tentu saja menolong promosi penjualan produk-produk yang anda jual melalui website. Dengan menggunakan teknik internal link building ini maka dibutuhkan kreativitas yang tinggi, kesabaran yang tiada batas, kerja keras, konsistensi yang cermat dan mampu memanfaatkan peluang yang ada.

Manfaat SEO Internal Link Building

Sama dengan cara SEO on page bahwa pada kenyataannya konsep internal link building adalah membangun link antara page satu dengan page lainnya (mengoptimasi dari dalam website) baik itu yang sesuai dengan tema maupun sesuai dengan LSI (baca: pengertian LSI). Contoh lihat link sebelum ini (pengertian LSI) itulah yang disebut dengan internal link. Sedangkan external link adalah link yang mengarah keluar website/blog anda. Dan seperti yang sudah saya paparkan diatas bahwa banyak sekali manfaat optimisasi dengan cara internal link building. Beberapa point penting yang bisa anda dapatkan antara lain:

Meningkatkan Jumlah Pageview

Hasil Membangun Internal Link Building

Internal link building secara konsep adalah memberikan kemudahan kepada pengunjung website/blog anda dalam menemukan konten yang terkait dengan konten yang sedang dibaca oleh pengunjung. Survey membuktikan bahwa user/pengunjung situs berita bola yang suka dengan tim sepakbola Real Madrid akan mengklik/membaca berita tentang Real Madrid lainnya dibandingkan dengan membaca berita tentang Barcelona. Namun hal ini bukan berarti para fans Real Madrid tidak akam membaca berita Barcelona oleh karena itu anda bisa memasukan link menuju ke berita Barcelona sebab kalimat Barcelona dalam terms sepakbola adalah bagian LSI dari Real Madrid.

Memperkecil Bounce Rate

Semakin banyak pengunjung membuka-buka halaman lain didalam blog anda maka semakin bagus pula nilai bounce rate. Karena bounce rate adalah hasil jumlah pageview : jumlah visitor. Hasil perhitungan bounce rate dapat dilihat atau baru bisa dijadikan sebagai pedomana melihat performa blog dalam kurun waktu 14 hari dengan perhitungan 7 hari pertama sebagai start awal dan 7 hari berikutnya sebagai perbandingan.

Meningkatkan User Signals

Google User Signals

Menurut para pakar SEO di dunia bahwa algorithm saat ini memasukan juga user signals. Apa itu user signals dalam kontek SEO dan algorithm Google saat ini? anda bisa membaca artikel tentang pengertian user signals ini.

Optimisasi SEO On Page

Semuanya kembali dari sejauh mana keahlian anda dalam mengoptimasikan sisi website secara on page atau on site. Banyak sekali panduan cara SEO on page termasuk pemilihan keyword seperti: short keyword, long tail keyword, LSI keyword yang harus anda ketahui. Semakin baik keahlian dalam membangun situs yang full SEO on page maka semakin bagus pula data visitor yang anda miliki.

SEO on Page 2018

Ada beberapa cara yang sangat banyak sudah diulas para master-master SEO di Indonesia melalui blog-blog SEO nya atau anda bisa juga melihat banyak video-video tentang cara on page SEO di Youtube yang berbahasa Indonesia dan berbahasa Inggris karena materi tentang cara SEO optimisasi secara on page ini bak kacang goreng. Tapi untuk melengkapi artikel ini saja maka inilah beberapa cara untuk optimisasi SEO secara on page yang dasar yang bisa anda lihat melalui info graphic di: https://backlinko.com/on-page-seo.

Cara Membagun Internal Links

Nah sekarang anda sudah tahu manfaat daripada membangun internal links bukan? lantas bagaimana cara atau teknik yang paling mudah dalam membangun sekaligus mengoptimasi internal link building dalam terminologi SEO. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan dalam membangun internal links seperti misalnya:

Buat Pengkategorian Konten Yang Baik

Buat setiap konten yang terdapat didalam blog anda masuk dalam kategori atau tag yang paling tepat agar setiap konten-konten tersebut bisa saling terkait. Mengelompokan konten berdasarkan kategori atau tag termasuk bagian awal dari teknik membangun internal link building ini.

Internal Link Berdasarkan Kategori

Kenapa harus membuat kategori konten yang baik? sebab seluruh konten satu dengan yang konten yang lainnya akan terkait satu sama lainnya apabila masih terdapat didalam katergori yang sama. Hal ini akan memudahkan pengunjung menemukan konten yang sesuai dengan yang di inginkannya.

Tips: berikan deskripsi dan title yang unik pada setiap kategori konten didalam blog hal ini bisa meningkatkan skor SEO on page blog anda.

Menambahkan Related Post di Dalam Konten

Daftar Plugin Related Post

Faktor utama menaiknya page view didalam sebuah blog adalah dengan adanya related post. Beruntunglah bagi pengguna CMS WordPress karena terdapat banyak sekali plugin untuk membuat related post yang bisa di install secara gratis.

Catatan dari saya sebelum anda meinginstall plugin related post ini sebaiknya lakukan investigasi terlebih dahulu karena banyak plugin jenis related post yang mengkonsumsi banyak sekali source web server sehingga bisa memberatkan kinerja web server.

Umumnya related post hanya di tampilkan pada bagian akhir konten, untuk menambahkan dan mengoptimasikannya anda bisa menambahkan related post secara inline (diantara break paragraph) baik secara manual maupun menggunakan plugin inline related post. Tapi sangat dianjurkan untuk membuat inline related post ini secara manual karena anda bisa menambahkan related post/konten berdasarkan keperluan optimasi internal links building.

Note: Membuat secara manual ini bisa anda lakukan untuk memasukan internal link kedalam konten yang tidak memiliki kategori yang sama tapi masih terelasi dengan konten yang sedang dibaca oleh pengunjung.

Buat LSI dan Related Keyword Untuk Internal Links

Hal ini penting dilakukan untuk meminimalisir pinalty Google Panda dengan cara menggunakan LSI atau related keyword untuk internal links anda.

Google keyword generator tool

Contoh dalam penggunaan misalnya keyword yang anda bidik tentang Pulau Tidung pada sebuah halaman web anda maka sebaiknya buat internal links secara beragam dengan menggunakan LSI ataupun related keywords.

Buat Navigasi (Menu) Semudah Mungkin

Tidak semua pengunjung web anda mengerti dengan baik bagaimana menggunakan website oleh karena itu sangat disarankan agar anda membuatkan navigasi atau menu yang bisa dijangkau oleh semua pengunjung baik itu pengunjung yang memang sudah terbiasa browsing di internet dan user nobi yang masih belum tahu fungsi-fungsi yang terdapat dihalaman web.

Hal ini bisa mempermudah pengunjung menemukan apa yang sedang ia cari didalam website/blog. Teknik internal link building ini juga penting untuk mencapai tujuan itu (memberikan kemudahan kepada pengunjung menemukan apa yang dicarinya).

Buat Custom CSS Untuk Internal Links

Contoh Internal Link Dengan Custom CSS

Anda bisa membedakan warna font untuk link anda, membedakan ukuran font untuk internal link, menambahkan background yang berbeda antara links dan bukan links seperti yang anda lihat pada gambar diatas contoh membikin internal Link Dengan Custom CSS didalam konten saya ini. Caranya dengan menambahkan tag <div> atau lihat contoh:

inline intenal linkscontoh penggunaan

 

css internal links building

css internal links building

Sangat tidak dianjurkan untuk menambahkan plugin SEO auto links karena sebab-sebab berikut ini:

  1. Link menjadi tidak beraturan
  2. Menimbulkan kesalahan memasukan link
  3. Terlalu banyak mengkonsumsi source web server

Demikian semoga artikel tentang cara optimisasi SEO menggunakan SEO internal link bermanfaat buat anda, silahkan daftar -> posting tambahan atau kirim pertanyaan di Forumseo.web.id.

Author: 

    Related Posts